Categories
Aging Gaya Hidup

10 Cara Memiliki Umur Panjang dan Bahagia

Hidup dengan umur panjang dan bahagia bukanlah menjadi suatu rahasia. Kuncinya adalah menjalani pola hidup sehat. Apa saja hal-hal yang termasuk ke dalam pola hidup sehat itu? Yuk, cari tahu lebih banyak di sini!

Ketika Anda merasa lesu saat bangun di pagi hari atau harus minum minuman berkafein untuk bisa beraktivitas setiap hari, mungkin sudah saatnya Anda untuk segera melakukan perbaikan pola hidup menjadi lebih sehat. Ya, karena inilah dasar Anda untuk meningkatkan peluang berumur panjang dan bahagia. Semakin cepat Anda berubah, semakin banyak Anda menuai manfaat dari gaya hidup yang lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih produktif.

10 Tips berumur panjang dan bahagia

Berikut 10 cara sehat yang dapat membantu Anda memiliki umur panjang dan bahagia selalu, yaitu:

1. Makan makanan sehat

Jika Anda teliti lagi, banyak orang yang hidupnya lebih lama, alias berumur panjang, cenderung makan lebih sehat, dan ini adalah cara termudah untuk memiliki umur panjang dan bahagia. Mulailah dengan menerapkan dua tips praktis berikut ini:

  • Pastikan 80 persen atau lebih dari makanan yang Anda makan berasal langsung dari alam, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, daging, susu, produk susu tanpa lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  • Batasi bahkan hindari mengonsumsi makanan olahan atau makanan cepat saji, karena ini awal dari banyak penyakit yang memperpendek harapan hidup Anda.

2. Tidur cukup

Tidur sangat amat berperan penting dalam menyehatkan tubuh Anda. Jika Anda ingin sukses dalam hidup, janganlah remehkan pentingnya tidur nyenyak di malam hari. Tidur selama 5 jam atau kurang setiap malamnya dapat menurunkan harapan hidup Anda sebanyak 15 persen [1]. Jadi, cobalah usahakan untuk tidur 7 – 8 jam setiap malam.

3. Berhenti merokok mulai sekarang

Meski merokok mendatangkan banyak bahaya kesehatan, masih banyak orang yang tidak mau berhenti merokok. Faktanya, jika Anda seorang perokok, harapan hidup Anda dapat berkurang 7 tahun lebih cepat dari orang pada umumnya yang tidak merokok [2]. Jadi, semakin cepat Anda berhenti merokok, semakin tinggi peluang Anda untuk memiliki umur panjang dan bahagia.

4. Tetap aktif secara fisik

Jangan berharap bisa memiliki umur panjang dan bahagia jika Anda meninggalkan pola hidup sehat satu ini. Faktanya, olahraga bisa membantu Anda untuk hidup lebih lama dan tetap lebih bahagia. Bahkan, hanya dengan menyisihkan waktu 15 – 20 menit setiap hari untuk berolahraga sudah cukup untuk kesehatan Anda yang optimal.

5. Bersosialisasi

Menjaga hubungan baik dengan orang-orang di sekitar Anda adalah bagian penting dari hidup panjang, sehat, dan bahagia – sekalipun Anda adalah seorang introvert. Jadi, upayakan untuk tetap bersosialisasi meskipun kondisi saat ini tidak memungkinkan untuk bertatapan secara langsung. Anda bisa bercengkerama melalui voice atau video call. Jaga selalu hubungan Anda agar tidak kehilangan kontak dengan orang-orang tersayang.

6. Batasi asupan alkohol, bila perlu hindari

Orang yang dalam hidupnya tidak merokok, rajin berolahraga, makan 5 porsi buah dan sayuran setiap hari, dan membatasi asupan alkohol dalam jumlah sedang, memiliki harapan hidup rata-rata 14 tahun lebih lama daripada mereka yang tidak melakukannya. Jadi, penting juga untuk aware dengan kebiasaan mengonsumsi alkohol.

Menurut sebagian besar para ahli kesehatan, maksimal mengonsumsi 2 minuman beralkohol saja setiap hari. Minum alkohol secukupnya sudah dapat melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular [3], apalagi jika Anda tidak meminumnya sama sekali.

7. Dream big

Pernahkah Anda mendengar motivasi orang yang sukses setidaknya pernah bermimpi besar dalam hidupnya? Ya, seorang pemimpi akan mengarahkan pandangannya tinggi dan tidak takut gagal. Anda akan lebih mampu menerima kegagalan, karena Anda tahu ini adalah bagian penting dari proses pertumbuhan dan peningkatan hidup Anda. Jadi, jangan takut bermimpi besar, ya!

8. Tetap haus pengetahuan

Orang yang memiliki umur panjang dan bahagia selalu memenuhi kehidupannya dengan belajar sebanyak mungkin yang ia bisa. Pendidikan Anda tidak berakhir di sekolah saja. Banyak hal di luar sana yang bisa Anda jadikan sebagai pembelajaran hidup baru setiap hari. Misalnya, membaca berbagai jenis buku baru, meneliti berbagai topik yang menarik minat Anda, serta berdiskusi dengan teman yang tahu banyak tentang sesuatu yang tidak Anda ketahui.

9. Luangkan waktu untuk keluarga dan teman

Sebagian besar dari Anda tentu setuju bahwa hal terpenting dalam hidup adalah keluarga dan teman. Masalahnya adalah, manusia mudah terjebak dalam momen-momen sepele di kehidupan sehari-hari dan kehilangan jejak atas apa yang penting bagi hidupnya. Jadi, meskipun Anda sangat sibuk, luangkanlah waktu untuk dihabiskan bersama keluarga dan teman. Ini adalah hal yang membuat hidup Anda layak dijalani lebih lama dan lebih bahagia.

10. Bersyukur, bersyukur, dan bersyukur

Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia adalah makhluk dengan jutaan keinginan. Sampai-sampai, terlalu banyak dari Anda yang fokus pada apa yang tidak Anda miliki, alih-alih melihat semua hal hebat yang ada pada diri sendiri. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang secara sadar berfokus pada rasa syukur, jauh hidupnya lebih bahagia, lebih optimis, bahkan tidur lebih nyenyak daripada orang yang tidak bersyukur [4]. Jadi, mari bersyukur atas apa yang telah Anda miliki hingga saat ini.

Inilah 10 tips untuk Anda yang ingin memiliki umur panjang dan bahagia. Selalu praktikkan pola hidup sehat, kebaikan, serta ucapkan “terima kasih” kepada orang-orang yang telah memberikan pengaruh positif pada Anda. Itulah rahasia nyata untuk menjalani hidup yang lebih panjang, bahagia, dan memuaskan.

Cover photo by jcomp – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *