Categories
Gaya Hidup Imunitas

Mulai Merasakan Gejala COVID-19? Segera Lakukan 10 Hal Ini!

Begitu Anda mulai merasakan gejala COVID-19 ringan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tetap di rumah (isolasi mandiri).

Merasa badan tidak enak sedikit saja di masa pandemi COVID-19 sudah dapat menimbulkan kekhawatiran yang luar biasa. Terlebih lagi, jika Anda mulai merasakan gejala COVID-19.

Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa tindakan penting yang bisa Anda lakukan untuk membuat kondisi tubuh jauh lebih baik.

Nah, apa saja hal-hal yang dapat membantu meredakan gejala COVID-19? Dan kapan Anda perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter? Yuk, cek di sini jawabannya!

Gejala COVID-19

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), orang dengan COVID-19 mengalami sejumlah gejala yang pernah dilaporkan, mulai dari gejala ringan hingga parah [1].

Gejala COVID-19 dapat muncul dalam 2-14 hari setelah terpapar virus, dan siapapun bisa mengalami gejala ringan hingga berat.

Jika Anda terinfeksi virus SARS-Cov-2, penyebab COVID-19, Anda mungkin akan mengalami:

Gejala lainnya yang juga dapat terjadi seperti:

  • Nyeri otot.
  • Sakit kepala.
  • Sakit tenggorokan.
  • Hidung tersumbat atau pilek.
  • Sesak napas atau kesulitan bernapas.
  • Kehilangan rasa atau bau.
  • Mual atau muntah.
  • Diare.

Orang dewasa yang lebih tua dan orang-orang yang memiliki riwayat kesehatan mendasar yang parah (komorbid), seperti penyakit jantung, paru-paru, atau diabetes, cenderung lebih berisiko mengembangkan komplikasi penyakit COVID-19 yang lebih parah.

Gejala COVID-19 vs flu biasa

Tidak sedikit orang yang ragu dengan gejala yang dialaminya, apakah itu gejala COVID-19 atau sekadar flu biasa. Berikut beberapa poin perbedaannya [2]:

  • Gejala COVID-19 biasanya berkembang secara bertahap, sedangkan gejala flu biasanya terjadi secara tiba-tiba.
  • Sebagian besar gejala umum flu (seperti nyeri, kedinginan, dan sakit kepala) adalah gejala yang kurang umum dari penyakit COVID-19.
  • Demam adalah gejala umum COVID-19, tetapi tidak semua orang yang terserang flu juga mengalami demam.
  • Gejala awal yang umum dari flu biasa adalah sakit tenggorokan, pilek, atau hidung tersumbat, dan ini lebih jarang terjadi pada COVID-19.
  • Bersin adalah gejala umum flu biasa, tetapi jarang terjadi pada COVID-19.

Sebuah studi di Cina menyelidiki keparahan gejala COVID-19 di antara 55.924 kasus. Hasilnya menunjukkan bahwa sebanyak 80% orang mengalami gejala ringan hingga sedang, 13,8% orang mengalami gejala parah, dan 6,1% orang mengalami gejala yang sangat parah sehingga membutuhkan perawatan intensif [3].

10 Hal yang harus dilakukan saat merasakan gejala COVID-19

Begitu Anda mulai merasakan gejala COVID-19, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tetap di rumah (isolasi mandiri), kecuali jika Anda mendapatkan perawatan medis secara intensif.

Hal ini bertujuan agar Anda tetap terpisah dari orang lain dan mencegah penyebaran COVID-19.

Selama Anda isolasi mandiri, upayakan untuk tetap [2, 3, 4, 5]:

  1. Memakai masker.
  2. Menjaga jarak setidaknya 6 kaki dari orang lain.
  3. Sering-sering mencuci tangan dengan sabun dan air atau handsanitizer.
  4. Menutupi batuk dan bersin dengan tisu, lalu buang tisu ke tempat sampah dan cuci tangan Anda.
  5. Bersihkan permukaan yang sering disentuh dengan disinfektan setiap hari.
  6. Jika memungkinkan, gunakan kamar tidur dan kamar mandi terpisah dengan anggota keluarga lainnya.
  7. Tidak berbagi piring, cangkir, gelas minum, peralatan makan, handuk, ataupun barang pribadi lainnya dengan orang lain di rumah Anda.
  8. Pantau terus gejala yang Anda alami. Jika semakin memburuk, jangan ragu untuk menghubungi layanan medis terdekat untuk mendapatkan perawatan secara intensif.
  9. Mengikuti instruksi dokter Anda dengan baik, termasuk cara merawat diri sendiri saat sakit dan melakukan tes COVID-19.
  10. Segera dapatkan pertolongan medis jika Anda mengalami gejala COVID-19 seperti sulit bernapas, nyeri di bagian dada, tidak mampu bangun, serta kulit dan bibit berubah menjadi pucat.

Cara merawat diri sendiri di rumah saat sakit

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa kebanyakan orang yang mengalami gejala COVID-19 ringan mulai membaik setelah sekitar satu minggu [6].

Meskipun hingga saat ini tidak ada pengobatan khusus yang disetujui untuk menyembuhkan COVID-19, ada beberapa cara merawat diri sendiri di rumah jika Anda bergejala ringan, yaitu:

  • Cukup istirahat agar tubuh lebih kuat melawan infeksi virus.
  • Minum air lebih banyak agar tubuh tetap terhidrasi.
  • Jaga pola makan sehat dan bergizi seimbang. Pastikan asupan buah dan sayuran terpenuhi, karena banyak vitamin dan mineral penting di dalamnya untuk daya tahan tubuh yang kuat.
  • Anda dapat menggunakan obat yang dijual bebas untuk membantu meringankan gejala seperti demam, nyeri, dan sakit kepala.
  • Pastikan stok tisu tersedia untuk berjaga-jaga jika Anda batuk atau bersin. Ingat, selalu buang tisu ke dalam tong sampah dan cuci tangan dengan bersih setelah batuk, bersin, atau membuang ingus.
  • Jaga dan tingkatkan kekebalan tubuh Anda dengan suplemen kesehatan yang aman untuk dikonsumsi, seperti Nissan Reishi.

Nissan Reishi, suplemen terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Nissan Reishi adalah suplemen kesehatan dari ekstrak jamur Reishi murni yang diproses secara alami, sehingga kandungan zat gizinya terjaga dengan baik.

Jamur Reishi – atau dikenal juga dengan sebutan Lingzhi – dapat membantu memelihara dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Ini karena jamur Reishi mengandung serat beta-glucan yang bertindak sebagai imunomodulator, sehingga dapat meningkatkan aktivitas sel makrofag dan sel pembunuh alami di dalam tubuh [7].

Selain itu, polisakarida alami dalam jamur Reishi ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh adaptif pada pasien kanker, di mana terjadi peningkatan kadar IgA, IgG, dan IgM setelah mereka mengonsumsi Reishi bersama dengan pengobatan kanker lainnya [8].

imunomodulator-lingzhi-japan
Original by Lingzhi Japan

Jika Anda ingin meningkatkan kekebalan tubuh Anda, sehingga gejala COVID-19 ringan yang Anda alami tidak semakin parah, Nissan Reishi bisa menjadi pelengkap terbaik upaya Anda.

Dapatkan informasi lebih lanjut tentang Nissan Reishi di sini!

Original featured image by DCStudio – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *