Categories
Aging Gaya Hidup

Mau Tips Awet Muda di Usia Kepala Tiga? Jangan Lakukan 11 Hal Ini!

Ada 11 hal yang tidak boleh Anda lakukan untuk mencapai tujuan awet muda di usia kepala tiga. Sebab, hal ini hanya akan menyebabkan proses penuaan Anda terjadi lebih cepat. Tidak percaya? Silahkan coba!

Awet muda meski usia sudah kepala tiga tentu menjadi harapan bagi semua orang. Pasalnya, tidak sedikit pula orang yang berhasil, meskipun banyak yang “masih” berusaha mencapainya. Agar usaha Anda tidak sia-sia, cobalah untuk menghindari hal-hal yang justru mempercepat penuaan Anda atau membuat penuaan Anda menjadi tidak sehat. Penasaran? Yuk, langsung cek di sini!

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan agar tetap awet muda

Menurut WebMD, ada 11 hal yang harus Anda hindari agar tetap awet muda meski sudah memasuki usia kepala tiga, alias 30 tahunan [1]. Berikut hal-hal yang tidak boleh dilakukan untuk mencegah terjadinya penuaan dini:

1. Tidak cukup tidur

Kurang tidur dapat membuat kulit Anda cepat keriput dan kendur, karena tubuh Anda melepaskan lebih banyak kortisol – hormon stres – yang dapat memecah kolagen – protein yang membuat kulit halus dan kenyal. Jadi, mulai dari sekarang cobalah untuk mengatur jam tidur Anda sebaik mungkin. Hindari minum minuman beralkohol, kafein, dan bermain gadget sebelum tidur, karena ini membuat Anda semakin susah tidur.

2. Merokok

kebiasaan-merokok-mempercepat-penuaan
Photo by nensuria – www.freepik.com

Kebiasaan merokok memang telah dikaitkan dengan banyak kondisi kesehatan. Selain dapat meningkatkan risiko terkena kanker, merokok juga dapat mempercepat proses penuaan Anda dengan membuat kulit keriput dan kendur di usia muda. Ini terjadi karena asap rokok mengurangi aliran darah yang membawa nutrisi penting – seperti oksigen – ke permukaan kulit dan memperlambat produksi kolagen di tubuh Anda. Jadi, mulai dari sekarang, upayakanlah untuk berhenti merokok. Konsultasikan dengan dokter jika Anda kesulitan untuk melakukannya sendiri.

3. Terlalu banyak terpapar sinar matahari

Pada pagi hari, sinar matahari memang menyehatkan untuk tubuh. Namun, paparan sinar matahari di atas jam 10 pagi dapat merusak kolagen di kulit dan menyebabkan tubuh Anda memproduksi protein elastin terlalu banyak. Inilah mengapa Anda mungkin merasakan kulit mulai menebal, terasa kasar, serta muncul kerutan dan bintik-bintik penuaan atau disebut sun spots. Jadi, usahakan agar Anda tidak berada di bawah sinar matahari pada siang hari. Jika pun terpaksa, gunakan pelindung seperti tabir surya minimal SPF 30, topi, baju lengan panjang, dan kacamata hitam.

4. Tidak melembabkan kulit

gunakan-pelembab-kulit-agar-awet-muda
Photo by jcomp – www.freepik.com

Tidak sedikit orang yang membiarkan kulitnya tidak terhidrasi dengan baik. Akibatnya, kulit jadi kering, kasar, dan bersisik seperti orang tua. Cara agar kulit tetap lembab adalah:

  • Bersihkan kulit 1 – 2 kali dalam sehari. Jangan menggosok dengan keras karena dapat membuatnya iritasi.
  • Gunakan pembersih yang bersifat ringan tanpa alkohol atau bahan kimia lain yang dapat mengiritasi, membuat kasar, atau mengeringkan kulit Anda.
  • Gunakan pelembab minimal 2 kali sehari untuk membantu mengunci kelembapan kulit Anda.

5. Tidak makan sehat

Makan makanan yang tepat dapat membuat hidup Anda jauh lebih sehat dan berpeluang rendah mengalami penyakit, seperti diabetes, jantung, stroke, dan penyakit lainnya yang menguras energi masa muda Anda. Jadi, mulai dari sekarang, cobalah untuk mempertimbangkan menjalani pola makan sehat, seperti diet Mediterania yang terbukti secara ilmiah menyehatkan jantung. Kurangi asupan daging merah berlemak dan perbanyak asupan lemak sehat dari makanan seperti ikan, alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.

6. Jarang berolahraga

Olahraga secara teratur adalah cara utama untuk membuat diri Anda tetap muda. Dengan menjaga tubuh tetap aktif, dapat memperkuat otot, meningkatkan energi dan suasana hati, mempertajam kinerja otak, dan mengurangi risiko penyakit terkait usia, seperti penyakit jantung. Kabar baiknya, olahraga yang Anda lakukan tidak perlu berat atau harus pergi ke gym. Cukup dengan melakukan olahraga ringan, seperti jalan cepat, berkebun, atau sekedar menari – setidaknya 30 menit pada sebagian besar hari dalam seminggu – sudah cukup membantu Anda awet muda.

7. Sering menyipitkan mata

sering-menyipitkan-mata-mempercepat-munculnya-kerutan
Photo by karlyukav – www.freepik.com

Ketika Anda menyipitkan mata,maka akan terlihat kerutan kulit di wajah Anda. Jika kebiasaan Anda seperti ini, lama-kelamaan dapat menyebabkan garis dan kerutan. Sebenarnya, ekspresi apa pun yang Anda lakukan berulang kali bisa menjadi masalah. Jadi, kalau misalnya Anda sering berada di luar ruangan, pakailah kacamata hitam dan topi bertepi lebar untuk mencegah Anda menyipitkan mata dan munculnya kerutan halus di sudut luar mata Anda.

8. Tidak memiliki social network

Menjaga hubungan dengan teman dan keluarga bisa membantu Anda tetap berjiwa muda. Selain itu, juga dapat meningkatkan kesehatan emosional dan fisik Anda, seperti membantu mencegah kecemasan, depresi, dan gangguan demensia terkait dengan usia, termasuk penyakit Alzheimer. Namun, perlu dicatat, bahwa yang terpenting adalah kualitas hubungan sosial Anda, bukan kuantitasnya.

9. Tidak mengontrol tekanan darah dengan baik

Tekanan darah tinggi atau disebut hipertensi adalah salah satu penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi serius, termasuk jantung dan stroke. Penyakit ini juga meningkatkan risiko masalah kesehatan terkait usia, seperti demensia vaskular dan penyakit Alzheimer, karena merusak pembuluh darah kecil di otak Anda. Jadi, penting sekali mengontrol tekanan darah dengan menjalani pola makan sehat, olahraga, dan pengobatan sesuai dengan arahan dari dokter.

10. Jarang mengulurkan bantuan

awet-muda-dengan-cara-saling-berbagi
Photo by rawpixel.com – www.freepik.com

Percayalah, bahwa orang yang suka memberi jauh hidupnya lebih bahagia daripada orang yang jarang mengulurkan bantuan. Mengapa? Karena tubuh Anda akan melepaskan lebih banyak “hormon kesenangan”, atau disebut endorfin, saat melihat kebahagiaan pada orang yang Anda bantu kehidupannya. Ini dapat menurunkan stres dan bahkan, membantu meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kekebalan Anda. Perlu diingat, bahwa bantuan tidak harus selalu berupa uang.

11. Melewati medical check-up

Jangan menunggu usia tua baru Anda rutin melakukan pemeriksaan ke dokter. Melakukannya sejak Anda muda akan lebih baik untuk mendeteksi adanya kemungkinan sesuatu yang tidak beres. Semakin cepat diketahui, semakin cepat untuk ditangani, dan semakin rendah risiko terserang penyakit di kemudian hari.

suplemen-nutrisi-nissan-reishi

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen nutrisi Nissan Reishi yang terbuat dari ekstrak jamur Reishi (Lingzhi) untuk membantu mencegah penuaan dini dan awet muda. Kandungan senyawa bioaktif polisakarida, triterpen, dan Ganoderma lucidum polisakarida peptida (GLPP)-nya terbukti memiliki efek antioksidan dan imunomodulator yang dapat berperan sebagai anti-penuaan (anti-aging) [2, 3, 4].

Info pemesanan Nissan Reishi lebih lanjut bisa Anda akses di sini.

Photo by freepik – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *