Categories
Gaya Hidup Kelelahan

5 Buah Kaya Air Cocok untuk Menu Berbuka Puasa

Berbuka puasa adalah bagian dari ritual puasa yang tentunya sangat dinanti-nantikan setelah menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal lainnya yang dapat membatalkan puasa dari pagi hingga petang.

Banyak pilihan makanan dan minuman yang dapat dijadikan sebagai menu berbuka puasa, tetapi asal pilih menu bisa berisiko untuk kesehatan Anda. Misalnya, sering berbuka dengan aneka gorengan kaki lima, minuman kemasan, atau soft drinks dapat memicu kenaikan kadar kolesterol dan gula darah Anda.

Daripada minum minuman seperti ini, alangkah lebih baik jika Anda merehidrasi tubuh Anda dengan buah-buahan yang kaya kandungan airnya.

5 Buah kaya air untuk berbuka puasa

Selain kaya air, buah-buahan ini juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang sangat menyehatkan untuk pencernaan Anda. Apa saja sih buah-buahan kaya air yang cocok dijadikan sebagai bagian dari menu berbuka puasa?

1. Semangka

Semangka adalah buah favorit bagi hampir setiap orang. Tampaknya, buah ini juga telah menjadi menu andalan saat berbuka puasa. Selain dapat dimakan langsung, semangka dapat disajikan dalam bentuk minuman, salad buah, ataupun puding.

Semangka mengandung hampir 92% air [1], sehingga cocok untuk mengembalikan hidrasi tubuh setelah seharian berpuasa. Selain itu, buah berwarna merah ini juga bisa memuaskan rasa manis di mulut Anda dengan gula alami. Kandungan antioksidan dalam buah semangka juga dapat membantu menghilangkan molekul radikal bebas – senyawa reaktif yang dapat merusak sel-sel sehat tubuh Anda [2].

2. Ketimun

Mungkin sebagian besar orang mengira ketimun adalah sayur, padahal ini adalah buah. Ketimun adalah buah yang kaya nutrisi, tetapi rendah kalori, lemak, kolesterol, dan natrium [3]. Sama seperti semangka, ketimun dapat Anda konsumsi langsung atau diolah menjadi minuman, salad, dan acar. Bahkan, ada pula yang mengolahnya menjadi tumis sayur dengan rasa yang gurih.

Selain rasanya yang ringan dan menyegarkan, banyak orang mengonsumsi ketimun karena mengandung banyak air, bahkan mencapai 96% kandungan airnya [4]. Oleh karena itu, mengonsumsi buah ini dapat membantu meredakan dehidrasi Anda, sehingga pilihan yang tepat sebagai menu berbuka puasa.

3. Melon

Melon adalah buah yang termasuk dalam spesies cucumis melo (muskmelon). Di Indonesia, buah ini juga banyak dijual di pasaran. Daging buahnya berwarna hijau muda hingga kuning dan memiliki rasa yang manis, sedangkan kulitnya berwarna putih hingga kuning.

Melon juga termasuk ke dalam buah yang kaya air dan elektrolit. Melansir dari Nutrition Data, melon mengandung sekitar 90% air dan kaya akan mineral elektrolit, seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium [5]. Jangan heran, kalau banyak orang yang berbuka puasa dengan salah satu buah yang manis dan menyegarkan ini. Anda dapat memakannya langsung atau diolah menjadi dessert, salad, makanan ringan, dan sup buah.

4. Anggur

Anggur juga termasuk ke dalam buah-buahan yang tinggi kadar airnya. Medical News Today menjelaskan dalam satu cangkir anggur dapat menyediakan air lebih dari 121 gram untuk Anda. Buah berukuran kecil ini memiliki warna dan bentuk yang bervariasi. Ada anggur merah, hijau, dan ungu, ada pula anggur tanpa biji, selai anggur, jus anggur, dan kismis.

Selain kaya kandungan airnya, anggur juga mengandung banyak nutrisi yang menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan Anda, seperti melindungi kesehatan mata, serta mencegah kanker, penyakit jantung, hipertensi, dan sembelit [6].

5. Air kelapa

Air kelapa bukanlah air yang ditambah dengan perasa kelapa, melainkan cairan bening di dalam buah kelapa. Eits, juga jangan tertukar dengan santan, ya! Karena santan adalah emulsi dari air dan kelapa parut segar. Air kelapa masih menjadi salah satu minuman favorit sepanjang masa, karena rasa manisnya alami, menyegarkan, dan kaya nutrisi.

Menambahkan air kelapa dalam menu berbuka puasa adalah pilihan yang sangat tepat, karena kandungan airnya sekitar 94%. Apalagi minuman ini rendah kalori, lemak, dan kolesterol jika Anda tidak menambahkan gula lagi ke dalamnya. Selain itu, minum air kelapa dapat mengembalikan keseimbangan elektrolit tubuh Anda, karena merupakan sumber magnesium, potasium, dan juga mangan [7].

Pulihkan stamina setelah berpuasa dengan Nissan Reishi

suplemen-nutrisi-nissan-reishi

Selain buah-buahan kaya air untuk mengembalikan keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh Anda, menambahkan asupan nutrisi dari jamur Reishi juga dapat memulihkan stamina Anda setelah seharian berpuasa. Ini akan membuat Anda tetap fit dan siap untuk menjalani puasa esok harinya.

Jamur Reishi terkenal dengan efek anti-fatigue yang berasal dari komponen aktif di dalamnya (polisakarida, peptida, nukleosida, senyawa fenolik, dan triterpenoid), sehingga mampu meningkatkan stamina dan mencegah tubuh Anda dari cepat lelah [8, 9].

Nissan Reishi – suplemen kesehatan dari ekstrak jamur Reishi – dapat menjadi solusi tepat bagi Anda yang sering merasa lelah dan pegal-pegal hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Bila perlu, konsumsi Nissan Reishi secara teratur pada saat berbuka dan sahur untuk melancarkan ibadah puasa Anda di bulan suci Ramadan.

Info lebih lanjut terkait Nissan Reishi dapat Anda aksesĀ di sini.

Cover photo by aleksandarlittlewolf – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *