Categories
Aging Imunitas Kanker Kardiovaskuler Kelelahan Lemak Berlebih

6 Jamur Obat yang Bertindak Sebagai Imunomodulator

Jamur obat telah digunakan selama ribuan tahun dan semakin populer akhir-akhir ini, salah satunya sebagai imunomodulator.

Jamur obat telah digunakan dalam pengobatan Timur selama ribuan tahun dan semakin populer akhir-akhir ini. Salah satu manfaat utamanya adalah sebagai imunomodulator atau merangsang sistem imunitas tubuh.

Jenis jamur ini hampir tidak pernah dimakan mentah atau utuh, tetapi sering kali dikonsumsi sebagai bubuk atau tablet. Anda juga bisa menambahkannya ke dalam menu makanan apa pun, misalnya smoothie atau tumis sayuran.

Banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh jamur obat dengan keunikannya masing-masing. Namun ingat, ini bukanlah obat. Anda bisa menjadikannya lebih seperti sahabat karib untuk sistem kekebalan tubuh Anda atau vaksin mini untuk melawan stres, peradangan, dan kanker.

6 Jamur obat yang bertindak sebagai imunomodulator

1. Reishi

6-jamur-obat-yang-bertindak-sebagai-imunomodulator-lingzhi-japan-reishi
Gambar oleh Katalin Molnár dari Pixabay

Jamur yang disukai ini adalah salah satu jamur obat yang paling populer, karena hampir semuanya bisa dilakukan. Mulai dari membantu penurunan berat badan, menjaga sistem kekebalan tubuh, hingga membantu melawan sel kanker yang ganas [1, 2, 3].

Para ahli sepakat bahwa jamur Reishi unik karena sifat menenangkannya yang berasal dari senyawa triterpen. Senyawa peningkat suasana hati ini mampu mengurangi kecemasan, meredakan stres, dan mendorong tidur yang lebih baik [4, 5].

Efek positif triterpen pada sistem saraf tidak berhenti di sini saja. Reishi juga dapat mempromosikan penyembuhan dan mempertajam fokus Anda [6].

Tips:

Tambahkan sesendok bubuk Reishi ke dalam secangkir teh panas atau tambahkan ke makanan penutup favorit Anda.

2. Surai singa

lingzhi-japan-surai-singa
Gambar oleh simonproulx dari Pixabay

Jamur “pom-pom” berbulu ini dikemas dengan aktivitas antioksidan yang tinggi, sehingga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda seperti kebanyakan jamur obat lainnya.

Tak hanya itu, surai singa dapat membantu menjernihkan mental secara alami.

Ini karena ia dapat mendorong produksi faktor pertumbuhan saraf bioprotein (NFG) dan mielin. Keduanya sangat penting untuk kesehatan otak. Jika tidak seimbang, maka dapat berkontribusi pada penyakit neurologis, seperti Alzheimer dan multiple sclerosis [7, 8].

Maka dari itu, surai singa menjadi makanan otak yang dapat diandalkan.

Jamur ajaib ini juga telah terbukti meningkatkan kognisi dalam beberapa penelitian kecil pada manusia dan hewan percobaan (tikus), meningkatkan konsentrasi, serta mengurangi kecemasan dan cepat marah [9, 10, 11].

Tips:

Tambahkan sesendok bubuk surai singa yang kaya antioksidan ini ke dalam cangkir minuman Anda untuk mendapatkan energi dan kejernihan pikiran, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Chaga

6-jamur-obat-yang-bertindak-sebagai-imunomodulator-lingzhi-japan-chaga
Gambar oleh DEZALB dari Pixabay

Jamur chaga adalah pembangkit energi tubuh yang kaya antioksidan, sehingga menjadikannya pesaing yang sangat baik untuk memerangi radikal bebas dan peradangan.

Jamur hitam gelap ini mampu memerangi stres oksidatif (yang terkait dengan penuaan dini), mencegah atau memperlambat pertumbuhan kanker, dan membantu menurunkan kolesterol-LDL [12, 13].

Sebagian besar penelitian tentang jamur chaga dilakukan pada sel manusia dan tikus percobaan, serta menunjukkan bahwa jamur ini baik untuk dikonsumsi.

Tips:

Tambahkan bubuk jamur chaga ke dalam smoothie pagi Anda atau buat minuman chaga latte hangat.

4. Shiitake

lingzhi-japan-shiitake
Gambar oleh Hans Braxmeier dari Pixabay

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi memasak dengan shiitake di dapur. Namun, tahukah Anda bahwa jamur obat populer ini memiliki manfaat yang jauh lebih besar daripada sekadar membuat tumisan Anda menjadi lebih nikmat?

Yaps, jamur ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Shiitake telah terbukti dapat menurunkan kolesterol-LDL pada tikus dan mengandung senyawa yang mampu menghambat penyerapan dan produksi kolesterol di hati [14].

Selain itu, shiitake mengandung fitonutrien yang dapat membantu mencegah penumpukan plak dan menjaga tekanan darah dan sirkulasi Anda tetap sehat [15].

Tips:

Tambahkan sesendok bubuk shiitake ke dalam masakan Anda untuk meningkatkan rasa umami makanan tersebut.

5. Ekor kalkun

6-jamur-obat-yang-bertindak-sebagai-imunomodulator-lingzhi-japan-ekor-kalkun
Gambar oleh Rebecca L dari Pixabay

Sebagian besar jamur obat memang menunjukkan sifat antikanker, karena jumlah antioksidannya yang sangat tinggi. Namun, lain halnya dengan ekor kalkun.

Jamur ekor kalkun mengandung senyawa yang disebut polisakarida-K (PSK) yang bertindak sebagai imunomodulator – merangsang sistem kekebalan tubuh [16].

PSK sangat efektif, bahkan diresepkan sebagai obat antikanker yang disetujui di Jepang [17].

Ekor kalkun telah terbukti meningkatkan tingkat kelangsungan hidup penderita kanker tertentu, melawan sel leukemia, dan meningkatkan sistem kekebalan pada orang yang menjalani kemoterapi [18, 19, 20].

Dengan catatan, Anda tidak menghentikan pengobatan kanker yang sudah diresepkan tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda.

Tips:

Tambahkan sesendok bubuk ekor kalkun ke dalam smoothie sebagai penambah kekebalan tubuh Anda.

6. Cordyceps

lingzhi-japan-cordyceps
Gambar oleh Tú Nguyễn Thanh dari Pixabay

Sering merasa kurang energi atau butuh dorongan sebelum latihan? Cordyceps mungkin bisa menjadi solusi efektif untuk Anda. Jamur ini dikenal sangat merangsang, baik untuk energi maupun libido (gairah seksual).

Jamur cordyceps dapat membantu tubuh Anda memanfaatkan oksigen dengan lebih efisien dan meningkatkan aliran darah Anda. Hal ini tentunya sangat membantu para atlet atau Anda yang rutin berolahraga [21].

Tidak hanya meningkatkan kinerja atletik, jamur ini juga terbukti mempercepat pemulihan otot pasca-latihan [22, 23].

Tips:

Tambahkan sesendok bubuk cordyceps ke dalam makanan favorit Anda sebelum atau sesudah latihan untuk meningkatkan energi atau pemulihan setelah berolahraga.

Kesimpulan

Menambahkan sesendok bubuk jamur obat ke resep favorit Anda adalah cara yang bagus untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Pastikan Anda berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsinya untuk memastikan apakah menambahkan jamur obat ke dalam makanan Anda aman, terutama jika Anda memiliki alergi, sedang hamil, atau menggunakan obat tertentu.

Nah, dari semua jamur obat yang luar biasa di atas, manakah yang paling ingin Anda coba terlebih dahulu?

Original featured image by Bluebird Provisions from Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *