Categories
Gaya Hidup Imunitas

Imun Tubuh Melemah? Atasi dengan 6 Langkah Ini!

Cara terbaik untuk memastikan imun tubuh bekerja optimal adalah dengan menerapkan pola hidup sehat setiap hari. Berikut adalah 6 kuncinya.

Imun tubuh yang kuat sangat diperlukan untuk melawan berbagai patogen penyebab penyakit, termasuk COVID-19. Oleh karena itu, setiap komponennya harus bekerja sesuai dengan fungsinya. Cara terbaik untuk memastikan imun tubuh bekerja secara optimal adalah dengan menerapkan pola hidup sehat setiap hari. Berikut adalah 6 kuncinya.

6 Langkah meningkatkan imun tubuh yang lemah

1. Menjaga pola makan sehat

pola-makan-sehat-lingzhi-japan-1
Sumber gambar: freepik

Kunci utama tubuh tetap sehat adalah memenuhi kebutuhan zat gizi dengan baik. Tentunya, hal ini bisa terwujud dengan Anda mengonsumsi makanan yang beragam dan bergizi seimbang.

Jika Anda merasa tubuh sering sakit, tidak fit dan bugar seperti biasanya, mungkin saja asupan makanan Anda ada yang salah. Segeralah perbaiki pola makan Anda dengan mengonsumsi banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, protein tanpa lemak, dan lemak sehat [1, 2].

Selain memberikan energi untuk sel-sel tubuh, termasuk sel imun, diet sehat juga membantu memastikan Anda mendapatkan mikronutrien yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh, termasuk vitamin B6, C, D, E, zing, seng, dan masih banyak lagi.

Jadi, cara terbaik untuk mengembalikan imun tubuh yang lemah dan menjaga Anda tetap fit adalah dengan makan makanan sehat dan bergizi seimbang.

2. Berolahraga secara teratur

6-langkah-meningkatkan-imun-tubuh-yang-lemah-lingzhi-japan-2
Sumber gambar: pressfoto

Melakukan aktivitas fisik tidak hanya untuk membangun otot dan membantu menghilangkan stres, lebih dari itu, ini adalah bagian penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Salah satu alasan mengapa olahraga dapat meningkatkan fungsi imun adalah dengan meningkatkan sirkulasi Anda secara keseluruhan, membuat sel-sel tubuh Anda lebih mudah bergerak ke seluruh tubuh.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa berolahraga ringan hingga berat selama 30 menit setiap hari dapat membantu mengaktifkan sistem kekebalan tubuh Anda [4].

Jadi, berolahraga secara teratur berperan penting agar Anda tetap sehat, fit, dan bugar sepanjang hari.

3. Menjaga hidrasi tubuh

minum-air-putih-lingzhi-japan-3
Sumber gambar: freepik

Ada banyak peran penting air di dalam tubuh Anda, termasuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Cairan dalam sistem peredaran darah yang disebut getah bening, membawa sel-sel kekebalan penangkal infeksi yang penting ke seluruh tubuh Anda.

Jika Anda mengalami dehidrasi, tentunya akan memperlambat pergerakan getah bening, bahkan menyebabkan sistem kekebalan tubuh terganggu.

Oleh sebab itu, minumlah air yang cukup setiap hari untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh Anda [5].

4. Tidur yang cukup

6-langkah-meningkatkan-imun-tubuh-yang-lemah-lingzhi-japan-4
Sumber gambar: senivpetro

Tidur tidak hanya sekadar melepaskan rasa kantuk dan lelah setelah seharian beraktivitas. Faktanya, ada banyak aktivitas penting yang terjadi di tubuh saat Anda tidur dengan nyenyak.

Salah satu aktivitas penting yang terjadi saat Anda tidur adalah membangun molekul penangkal infeksi.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan tidur yang cukup, rentan mengalami sakit setelah terpapar virus [6].

Oleh sebab itu, penting bagi Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap hari, serta mengambil langkah untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. Misalnya, tidak menonton TV menjelang Anda ingin terlelap [7].

5. Kelola stres

mengelola-stres-lingzhi-japan-5
Sumber gambar: diana.grytsku

Stres memang tidak dapat dihindari, entah itu dari pekerjaan, masalah pribadi, hubungan dengan kerabat, atau lainnya. Namun, stres bisa dikelola dengan baik, agar tidak berdampak buruk pada kesehatan, termasuk terhadap sistem imunitas tubuh.

Selama periode stres, terutama stres kronis yang sering terjadi dan berlangsung lama, tubuh Anda akan meresponsnya dengan respons stres. Hal ini dapat menekan dan melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga meningkatkan risiko infeksi atau penyakit [8].

Karena bisa berefek buruk pada kesehatan, penting bagi Anda mengetahui cara mengidentifikasi stres.

Anda bisa melakukan teknik pernapasan dalam, meditasi, berolahraga, dan melakukan berbagai kegiatan yang Anda senangi untuk membantu mengurangi stres.

6. Konsumsi suplemen dengan bijak

Setelah Anda menerapkan 5 langkah sehat di atas, Anda bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh Anda dengan mengonsumsi suplemen kesehatan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen berikut dapat memperkuat respons kekebalan tubuh Anda secara umum, di antaranya:

  • Elderberry: dapat mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan atas [9].
  • Echinacea: membantu meredakan pilek [10].
  • Bawang putih: membantu mengurangi flu biasa [11].
  • Jamur obat, seperti Reishi, dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Studi membuktikan efeknya ini pada penderita kanker yang mengalami peningkatan imun tubuh dan kualitas hidup setelah mengonsumsi ekstrak jamur Reishi bersama dengan kemoterapi [12].

Inilah 6 langkah sehat yang perlu Anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh. Jika Anda merasakan gejala penyakit yang tidak biasa, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Original featured image by cookie_studio – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *