Categories
Gaya Hidup Kelelahan

7 Tonik Alami untuk Bantu Redakan Stres dan Kecemasan, Tertarik Coba?

Ada 7 racikan tonik alami yang dapat membantu Anda meredakan emosi negatif, termasuk dari stres dan kecemasan yang terlalu berlebihan. Apa sajakah itu?

Ada satu titik dalam hidup kita merasa seperti sedikit kehilangan semangat untuk melangkah. Hal ini sering kali disebabkan oleh stres dan kecemasan yang berlebihan. Untungnya, ada cara alami dan juga enak yang harus Anda coba untuk membantu meredakan emosi negatif ini.

Alih-alih Anda minum secangkir kopi (lagi) untuk menambah energi atau minum alkohol untuk menghilangkan stres, ada 7 tonik alami yang dikenal juga sebagai obat ampuh untuk melawan kelelahan, stres, dan kecemasan yang siap membantu.

Apakah Anda bisa menebaknya? Ini dia!

7 Tonik alami untuk bantu redakan stres dan kecemasan

Berikut 7 racikan tonik alami yang dapat membantu meredakan stres dan kecemasan, serta meningkatkan semangat Anda:

1. Minuman jahe

7-tonik-alami-untuk-bantu-redakan-stres-dan-kecemasan-lingzhi-japan-jahe
Sumber: freepik – www.freepik.com

Jahe dikenal sebagai bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya dapat dijadikan sebagai minuman tonik alami untuk mengasah otak dan mengalahkan kelelahan.

Ini karena jahe mengandung 14 senyawa bioaktif unik dan bersifat antioksidan, yang dapat mempertajam fungsi kognitif dan melindungi otak dari kerusakan akibat stres oksidatif [1, 2].

Di sisi lain, tanaman peningkat energi ini juga dapat memengaruhi kadar serotonin, serta meredakan kecemasan Anda seampuh obat Benzodiazepin [3, 4].

Namun ingat, pastikan Anda tidak overdosis (lebih dari 4 gram sehari), karena berisiko mengiritasi perut.

2. Bubuk Maca

Akar Maca tampaknya semakin populer belakangan ini, karena memang khasiatnya yang sangat manjur untuk kesehatan.

Tanaman asli dari Peru ini telah terbukti meningkatkan gairah seksual pada pria [5]. Selain itu, juga dapat meningkatkan kinerja olahraga pada pengendara sepeda pria [6].

Faktanya, bubuk Maca juga merupakan pendukung yang kuat untuk melawan stres dan kecemasan.

Ini karena tanaman Maca mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan suasana hati, serta menurunkan tekanan darah dan depresi [7].

Untuk benar-benar merasakan efeknya, Anda disarankan minum sekitar 3,3 gram setiap hari selama 8-14 minggu. Bubuk Maca tidak disarankan untuk Anda yang sedang hamil, menyusui, atau memiliki gangguan tiroid.

3. Secangkir matcha

matcha-lingzhi-japan
Sumber: ededchechine – www.freepik.com

Secangkir matcha juga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan yang sedang melanda. Ini karena matcha mengandung senyawa L-theanine, yang sangat dikenal karena efek relaksasinya [8].

L-theanine mampu menenangkan pikiran Anda tanpa menimbulkan rasa kantuk. Bersama dengan kafein, L-theanine dapat memberikan efek positif pada suasana hati dan juga fungsi kognitif Anda [9, 10].

Matcha juga dikemas dengan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga menjadikannya sebagai tonik yang kuat untuk melawan kelelahan dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Minum 1-2 cangkir matcha dalam sehari adalah ide terbaik untuk menghindari efek samping dari kelebihan kafein.

4. Bubuk Reishi

Jamur Reishi, yang juga dijuluki sebagai “Xanax alam“, adalah cara alami untuk menghilangkan stres dan kecemasan.

Ini karena Reishi mengandung senyawa triterpene, yang dikenal karena sifatnya yang menenangkan. Selain itu, juga memiliki efek antikanker, antiinflamasi, antikecemasan, dan antidepresan [11].

Jamur ajaib ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, membuat Anda lebih beristirahat, dan bisa fokus untuk keesokan harinya [12].

Jika Anda sedang hamil, menyusui, atau punya kelainan darah, sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda sebelum menambahkan bubuk jamur ini ke dalam diet harian.

5. Cuka sari apel

7-tonik-alami-untuk-bantu-redakan-stres-dan-kecemasan-lingzhi-japan-cuka-sari-apel
Sumber: mdjaff – www.freepik.com

Cuka sari apel dapat berdampak langsung pada kadar gula darah, sehingga membantu Anda mempertahankan tingkat energi dan mencegah kelelahan [13].

Selain itu, tonik alami ini juga mengandung mineral penting, seperti potasium, yang memiliki korelasi langsung dengan tingkat energi tubuh [14].

Namun ingat, cuka sari apel dalam dosis besar dapat menyebabkan beberapa efek samping, termasuk masalah pencernaan, kerusakan email gigi, dan luka bakar di tenggorokan.

Selain itu, tonik ini juga mungkin dapat berinteraksi dengan obat yang sedang Anda minum. Jadi, bicarakan dengan dokter Anda jika berencana meminumnya secara teratur.

6. Ramuan kunyit

Kunyit juga merupakan salah satu bumbu dapur dengan sejuta manfaat untuk tubuh, terutama dalam hal kesehatan mental.

Ini karena senyawa bioaktif – curcumin – yang ditemukan dalam kunyit, telah dikaitkan dengan pengobatan stres, kecemasan, depresi, dan masih banyak lagi [15, 16].

Diduga, curcumin dapat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin [17]. Bahkan, para ahli menyatakan bahwa ini mungkin sama efektifnya dengan Prozac dengan efek samping yang jauh lebih sedikit [16].

Tonik kunyit mungkin akan terlihat efek nyatanya jika diminum 1000 miligram setiap hari selama 6 minggu.

7. Ashwagandha

7-tonik-alami-untuk-bantu-redakan-stres-dan-kecemasan-lingzhi-japan-ashwagandha
Sumber: Wikimedia Commons

Rekomendasi tonik alami yang terakhir adalah Ashwagandha, yang terkenal dengan sifat adaptogennya. Adaptogen adalah zat alami yang dapat membantu tubuh menghadapi dan beradaptasi dengan stres.

Ashwagandha adalah salah satu adaptogen yang telah terbukti membantu meredakan kecemasan, kelelahan, dan mengurangi kadar kortisol [18, 19].

Anda mungkin perlu minum 2 cangkir sehari (150 miligram Ashwagandha) selama sebulan agar benar-benar merasakan efeknya.

Tidak disarankan dikonsumsi saat Anda sedang hamil, karena dapat menyebabkan persalinan dini. Risiko lainnya adalah sumber yang tidak dapat dipercaya dan cenderung menambahkan zat aditif berbahaya sebagai campurannya.

Jadi, silahkan Anda konsultasikan dulu dengan dokter Anda sebelum menambahkan tonik alami di atas ke dalam diet harian untuk membantu meredakan stres dan kecemasan.

Nah, dari semua tonik penangkal stres yang luar biasa ini, kira-kira manakah yang paling ingin Anda coba terlebih dahulu?

Original featured image by jcomp – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *