Categories
Aging Gaya Hidup

Semakin Tua Semakin Bahagia, Kenapa Tidak? Ini Tipsnya!

Berinvestasi dalam kesehatan sangat penting untuk mewujudkan kehidupan yang semakin tua semakin bahagia. Nah, apa saja sih tipsnya? Ini dia!

Banyak hal yang membuat seseorang tidak mampu menghadapi masa tuanya dengan percaya diri. Salah satu faktornya adalah penyakit kronis yang sering dialami oleh orang dewasa yang lebih tua. Lantas, apakah impian “semakin tua semakin bahagia” hanyalah angan-angan belaka?

Jawabannya adalah tidak. Anda masih bisa memulainya dari sekarang.

Dengan menjalani gaya hidup sehat, Anda bisa menghadapi proses penuaan dengan lebih ‘anggun’ dan bahagia. Inilah mengapa berinvestasi dalam kesehatan penting untuk dilakukan.

Nah, apa saja sih tips sehat untuk menjalani kehidupan yang semakin tua semakin bahagia? Ini dia!

8 Tips sehat hidup semakin tua semakin bahagia

Tips ini akan membantu Anda menua dengan sehat dan bahagia, baik dari dalam maupun dari luar.

1. Berikan perhatian lebih untuk kulit.

Kenapa kulit adalah hal utama yang harus diperhatikan? Yaps, karena kulit Anda adalah organ terbesar dan terluar dari tubuh yang dapat dilihat langsung secara kasat mata.

Jika Anda memberikan perhatian lebih ke kulit, Anda sudah melakukan tindakan untuk meminimalisir tanda-tanda penuaan dini, mengontrol suhu tubuh, dan menjaga kebugaran tubuh dengan lebih baik.

Berikut tips untuk membantu memelihara kesehatan kulit:

  • Menggunakan tabir surya dan pakaian pelindung ketika berada di luar.
  • Cek kesehatan kulit tahunan untuk mendeteksi kanker kulit sejak dini.
  • Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  • Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik setiap hari.

2. Olahraga secara rutin dan konsisten.

8-tips-hidup-semakin-tua-semakin-bahagia-lingzhi-japan-jalan-sehat
Sumber: freepik

Berolahraga dapat menurunkan risiko penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker, serta membantu mempertahankan mobilitas Anda lebih lama.

Selain itu, olahraga secara rutin dapat mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur, kesehatan kulit dan tulang, serta suasana hati Anda.

Department of Health and Human Services merekomendasikan agar orang dewasa melakukan:

  • Latihan dengan intensitas sedang sebanyak 2,5-5 jam per minggu, latihan aerobik atau intensitas kuat sebanyak 1,25-2,5 jam per minggu, atau kombinasi keduanya.
  • Latihan kekuatan otot dengan intensitas sedang atau besar 2 hari atau lebih dalam seminggu, misalnya dengan menggunakan beban atau resistence band.

Selain itu, orang dewasa yang lebih tua juga harus fokus pada aktivitas fisik yang mencakup latihan keseimbangan selain dari latihan aerobik dan kekuatan otot.

3. Menerapkan pola makan sehat dan bergizi seimbang.

Makanan sehat dan bergizi seimbang adalah kunci utama untuk mewujudkan kehidupan yang semakin tua semakin bahagia. Anda sangat dianjurkan untuk memperbanyak makan buah dan sayuran, protein tanpa lemak, makanan kaya lemak sehat, serta susu rendah lemak.

Selain itu, Anda juga harus menjaga asupan gula dan garam seminimal mungkin untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Mengingat asupan gula, garam, dan lemak yang berlebihan bisa menjadi akar dari berbagai penyakit kronis yang banyak dialami oleh orang dewasa yang lebih tua.

4. Mengontrol tingkat stres.

8-tips-hidup-semakin-tua-semakin-bahagia-lingzhi-japan-bertemu-keluarga
Sumber: pressfoto

Mengontrol stres juga sangat membantu Anda hidup dan menua dengan baik. Ini karena tingkat stres yang tinggi dapat memicu produksi hormon stres (kortisol) yang berlebih dalam tubuh, sehingga berdampak pada kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Untuk mengurangi dan menghilangkan stres, cobalah lakukan beberapa tips di bawah ini:

  • Meluangkan waktu untuk bersenang-senang dengan keluarga, teman, orang terkasih, atau hewan peliharaan kesayangan Anda.
  • Tetap berpikir positif seiring bertambahnya usia. Seperti yang kita ketahui, penuaan adalah hal yang tidak bisa dihindari, tetapi Anda bisa membuatnya lebih berarti.
  • Lakukan hal-hal yang Anda sukai, seperti liburan di alam terbuka, menjalani hobi baru, menjadi sukarelawan, atau lainnya.
  • Olahraga untuk menghilangkan stres, seperti yoga, meditasi, dan latihan pernapasan.

5. Berhenti merokok dan konsumsi alkohol.

Berbagai studi sudah membuktikan bahwa merokok dan alkohol dapat menyebabkan penuaan dini dan meningkatkan risiko penyakit.

Meski sulit untuk menghilangkan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, tetapi ini bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan.

Cobalah konsultasikan dengan dokter Anda tentang cara untuk berhenti merokok dan terlepas dari candu alkohol.

Anda bisa memulainya dengan membatasi asupannya dari hari ke hari, hingga akhirnya Anda bisa terlepas dari kebiasaan buruk ini.

Ingatlah bahwa ini demi masa tua Anda yang tetap sehat dan bahagia.

6. Tidur yang cukup.

Tidur adalah proses penting yang diperlukan tubuh untuk me-reset setelah seharian beraktivitas. Ini sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental Anda.

Tidur yang cukup telah terbukti dapat:

  • Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.
  • Mengurangi stres dan depresi.
  • Menurunkan risiko obesitas.
  • Mengurangi peradangan.
  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Seberapa banyak waktu tidur Anda bergantung pada usia Anda. Umumnya, orang dewasa yang berusia 18 tahun ke atas harus menargetkan waktu tidurnya 7-8 jam setiap malam.

7. Perbanyak minum air putih.

Tips hidup semakin tua semakin bahagia selanjutnya adalah minum air putih yang cukup setiap hari. Ini dapat membantu Anda tetap terhidrasi, serta meningkatkan tingkat energi dan fungsi otak Anda.

Bahkan, studi juga menemukan bahwa minum air putih yang cukup terbukti membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Nah, seberapa banyak air yang harus Anda minum bergantung pada:

  • Rasa haus.
  • Tingkat aktivitas.
  • Seberapa sering Anda buang air kecil dan buang air besar.
  • Seberapa banyak Anda berkeringat.
  • Jenis kelamin.

Secara umum, orang dewasa disarankan untuk minum:

  • Wanita: 11,5 cangkir (2,7 liter) setiap hari.
  • Pria: 15,5 cangkir (3,7 liter) setiap hari.

Banyak orang mungkin tidak dapat melakukan tips di atas secara konsisten atau tuntutan hidup yang membuatnya tidak mampu melakukannya secara maksimal.

Akibatnya, muncul tanda-tanda penuaan dini dan masalah kesehatan kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, hingga kanker.

Pada situasi ini, Anda mungkin membutuhkan bantuan ekstra untuk memaksimalkan upaya Anda dalam mencapai masa tua yang sehat dan bahagia.

Salah satu cara mengoptimalkan dan menunjang kesehatan tubuh Anda dari dalam adalah dengan mengonsumsi suplemen kesehatan dari jamur obat tradisional, seperti Reishi.

Reishi dan masa tua yang lebih sehat dan bahagia

Reishi (Ganoderma lucidum) sudah menjadi andalan dalam pengobatan tradisional untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup seseorang.

Jamur obat ini juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk demam, peradangan, hipertensi, gula darah tinggi, imun tubuh melemah, hingga kanker.

Khasiat Reishi yang paling dicari-cari juga adalah kemampuannya dalam melawan tanda-tanda penuaan dini, di mana sifat antioksidan dari senyawa bioaktifnya mampu menetralisir radikal bebas yang dapat merusak sel DNA Anda.

Studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Aging and Disease menemukan bahwa Ganoderma lucidum mengandung komponen aktif polisakarida, triterpena, peptida, dan peptida polisakarida yang dapat mendukung proses anti-aging.

Selain antioksidan, senyawa bioaktif dalam Reishi juga bersifat imunomodulator dan anti-neurodegenerasi yang mendukung proses penuaan yang lebih sehat.

Inilah mengapa jamur Reishi dapat membantu Anda mencapai hidup yang semakin tua semakin bahagia.

Original featured image by tirachardz – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *