Categories
Gaya Hidup Ginjal

Kenali Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah, Cepat Atasi Sebelum Muncul Komplikasi!

Tanpa ginjal, tubuh tidak akan mampu menyaring dan mengeluarkan limbah atau racun bersama dengan urine. Akibatnya, terjadi penumpukan racun yang dapat membahayakan tubuh. Seperti apakah ciri-ciri ginjal bermasalah? Let’s check!

Ginjal adalah salah satu organ vital di dalam tubuh. Bayangkan saja, jika ginjal Anda bermasalah atau rusak parah, maka Anda harus menjalani proses dialisis. Bahkan mungkin, harus transplantasi ginjal agar tubuh Anda tetap bisa berfungsi dengan baik. Tentunya, ini memerlukan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, penting sekali bagi Anda mengetahui ciri-ciri ginjal bermasalah. Jika ada sesuatu yang tidak beres, segeralah periksakan ke dokter sebelum menimbulkan komplikasi yang lebih buruk lagi.

Pentingnya mengenali ciri-ciri ginjal bermasalah

“Ada tanda-tanda fisik dari penyakit ginjal yang dapat terjadi, tetapi terkadang tandanya ini sering dikaitkan juga dengan kondisi lain. Selain itu, orang dengan penyakit ginjal cenderung tidak merasakan atau mengalami gejala sampai berada di tahap akhir dari penyakit ginjal. Biasanya, didapati ginjal gagal berfungsi atau ada sejumlah protein di dalam urine. Inilah salah satu alasan hanya 10% orang dengan penyakit gagal ginjal kronis tahu bahwa dirinya mengidap penyakit ini.” jelas Dr. Joseph Vassalotti, Kepala Petugas Medis di National Kidney Foundation [1].

Terlebih lagi, jika Anda mengidap penyakit lain seperti diabetes atau hipertensi, riwayat keluarga dengan gagal ginjal, atau berusia 60 tahun ke atas. Anda akan lebih berisiko terkena penyakit ginjal daripada orang lain. Jadi, penting melakukan pemeriksaan penyakit ginjal setiap tahun untuk memastikan gejala apa pun yang Anda alami kepada ahli kesehatan Anda.

Ciri-ciri ginjal bermasalah yang harus diwaspadai

Sebenarnya, cara terbaik untuk mengetahui dengan pasti apakah Anda menderita penyakit ginjal adalah dengan melakukan tes ke dokter. Meski begitu, Dr. Vassalotti menjelaskan ada 10 kemungkinan ciri-ciri ginjal bermasalah yang dapat menjadi “alarm” Anda [1].

1. Tubuh mudah lelah, kurang berenergi, atau sulit berkonsentrasi

Salah satu ciri ginjal bermasalah yang sering terjadi adalah tubuh Anda mudah lelah hingga sulit rasanya untuk bisa fokus. Meski ini gejala yang sangat umum, tetapi bisa jadi menandakan kalau ginjal Anda sedang bermasalah. Mengapa? Karena penurunan fungsi ginjal lama-kelamaan dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran di dalam darah, yang akhirnya menyebabkan Anda mudah lelah dan sulit berkonsentrasi. Gejala ini juga menjadi ciri khas dari anemia yang dapat terjadi akibat penurunan fungsi ginjal Anda.

2. Sulit tidur

ciri-ciri-ginjal-bermasalah-adalah-susah-tidur-atau-insomnia
Photo by tirachardz – www.freepik.com

Sulit tidur atau insomnia juga dapat menandakan adanya masalah pada ginjal. Ketika ginjal Anda tidak mampu menyaring dengan baik, lebih banyak racun di dalam darah daripada yang keluar dari tubuh melalui urine. Akibatnya, bisa membuat Anda sulit tidur. Gejala ini juga ada kaitannya antara obesitas dan penyakit gagal ginjal kronis. Selain itu, apnea tidur lebih sering terjadi pada orang yang menderita penyakit gagal ginjal kronis daripada populasi umum.

3. Kulit kering dan gatal

Wah, apa kaitannya kesehatan ginjal dengan kulit? Tentu ada. Ginjal yang sehat banyak melakukan tugas penting, di antaranya menghilangkan limbah dan kelebihan cairan dari tubuh, membantu produksi sel darah merah, serta menjaga tulang tetap kuat dan keseimbangan mineral di dalam darah Anda. Salah satu penyebab kulit kering dan gatal adalah terganggunya keseimbangan mineral dan zat gizi penting yang dibutuhkan oleh kulit Anda. Jadi, kalau kulit kering dan sering gatal bisa jadi ginjal Anda tidak mampu lagi menjaga keseimbangan mineral dan zat gizi di dalam darah.

4. Frekuensi buang air kecil jadi meningkat

ciri-ciri-ginjal-bermasalah-adalah-sering-buang-air-kecil
Photo by jcomp – www.freepik.com

Jika Anda merasa jadi ingin buang air kecil terus, terutama di malam hari, bisa jadi ini ciri-ciri ginjal Anda sedang bermasalah. Ketika bagian filter ginjal Anda rusak, dapat menyebabkan peningkatan keinginan untuk buang air kecil. Terkadang, ini juga bisa menjadi tanda dari penyakit infeksi saluran kemih (ISK) atau pembesaran prostat pada pria.

5. Ada darah dalam urine

Ginjal yang sehat akan menjaga sel-sel darah di dalam tubuh saat menyaring limbah dari darah untuk dikeluarkan melalui urine. Namun, ketika filter ginjal rusak, sel-sel darah ini bisa “bocor” atau “lolos” masuk ke urine. Selain menandakan penyakit ginjal, adanya darah dalam urine bisa menjadi indikasi dari tumor, batu ginjal, atau infeksi.

6. Urine berbusa

Adanya gelembung yang berlebihan (seperti berbusa) dalam urine menunjukkan adanya protein dalam urine. Apalagi sampai membuat Anda harus menyiramnya berkali-kali agar hilang. Busa ini mungkin terlihat seperti busa saat Anda mengocok telur, karena albumin – protein umum yang ditemukan dalam urine – adalah protein yang sama dengan yang ada pada telur.

7. Mata mengalami pembengkakan secara terus-menerus

Kehadiran protein dalam urine adalah tanda awal bahwa filter ginjal Anda telah rusak. Akibatnya, protein bocor atau lolos masuk ke dalam urine. Karena banyaknya protein yang lolos bersama urine daripada yang disimpan oleh tubuh, mata atau bagian di sekitar mata Anda mengalami pembengkakan.

8. Kaki dan pergelangan kaki bengkak

Ciri-ciri ginjal bermasalah lainnya yang juga jelas terlihat adalah kaki dan pergelangan kaki Anda bengkak. Hal ini terjadi karena fungsi ginjal yang menurun dapat menyebabkan retensi natrium. Akibatnya, kaki dan pergelangan kaki Anda bengkak. Pembengkakan pada bagian ekstremitas bawah ini juga bisa menjadi tanda dari penyakit jantung, hati, dan masalah pembuluh darah kaki kronis.

9. Nafsu makan memburuk

ciri-ciri-ginjal-bermasalah-adalah-nafsu-makan-menurun
Photo by katemangostar – www.freepik.com

Meski penurunan nafsu makan adalah gejala yang sangat umum, tetapi penumpukan racun akibat fungsi ginjal Anda menurun bisa menjadi salah satu penyebabnya.

10. Otot kram

Otot kram juga dapat menandakan ginjal bermasalah. Mengapa? Ini karena ketidakseimbangan mineral atau elektrolit yang terjadi akibat gangguan fungsi ginjal. Misalnya, kadar kalsium yang rendah dan fosfor yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kram otot.

Jaga kesehatan ginjal bersama Reishi/Lingzhi

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Pepatah ini selalu menjadi pengingat terbaik agar Anda selalu semangat menjaga kesehatan tubuh, termasuk ginjal. Jamur Reishi – yang dikenal oleh masyarakat Jepang sebagai Lingzhi – adalah jamur obat tradisional yang punya sejumlah manfaat untuk kesehatan, salah satunya melindungi kesehatan ginjal Anda dengan baik.

Jamur Reishi/Lingzhi punya kekuatan antioksidan yang mampu menetralisir radikal bebas, sehingga senyawa tidak stabil ini tidak mampu lagi merusak sel-sel tubuh, termasuk sel ginjal. Menurut studi, senyawa lingzhiol dan ganoderma lucidum polysaccharide peptide (GLPP) dalam jamur Reishi (G. lucidum) yang memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat [2, 3].

suplemen-nutrisi-nissan-reishi
Suplemen Nutrisi Nissan Reishi

Tak hanya itu, jamur yang dijuluki sebagai jamur ajaib dan jamur keabadian ini juga memiliki efek proteoglikan – disebut FYGL. Adanya efek ini dalam jamur Reishi mampu menurunkan kadar gula darah, kreatinin serum, urea nitrogen, asam urea, dan albuminuria [4]. Seperti penjelasan sebelumnya, salah satu ciri ginjal bermasalah adalah adanya protein dalam urine. Oleh sebab itu, jamur Reishi/Lingzhi dapat menjadi salah satu cara untuk melindungi kesehatan ginjal maupun menunjang perawatan ginjal Anda yang bermasalah.

Saran dari Lingzhi

Inilah ciri-ciri ginjal bermasalah yang bisa Anda jadikan alarm pertama untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Tingkatkan kesehatan dan perawatan ginjal Anda dengan suplemen Nissan Reishi. Suplemen kesehatan ini terbuat dari ekstrak jamur Lingzhi pilihan dan berkulitas. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter untuk memastikan asupan jamur Reishi ini aman dan sesuai dengan kondisi kesehatan ginjal Anda saat ini.

Info pemesanan Nissan Reishi (suplemen nutrisi dari ekstrak jamur Lingzhi) lebih lanjut bisa Anda akses di sini.

Cover photo by gpointstudio – www.freepik.com

0 replies on “Kenali Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah, Cepat Atasi Sebelum Muncul Komplikasi!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *