Categories
Aging Gaya Hidup Imunitas Kanker Kardiovaskuler Kelelahan

Ganoderma Coffee (Campuran Bubuk Reishi dan Kopi), Apa Manfaatnya?

Ganoderma coffee adalah minuman campuran antara bubuk jamur Reishi (Ganoderma lucidum) dan kopi. Apa manfaatnya? Adakah efek sampingnya?

Ganoderma coffee adalah minuman campuran antara bubuk jamur Reishi (Ganoderma lucidum) dan kopi. Beberapa produsen juga ada yang menambahkan bahan-bahan lainnya, seperti stevia, krimer non-susu, dan rempah-rempah (adas manis atau peppermint) yang semakin menambah manfaatnya.

Orang-orang juga sering menyebutnya sebagai kopi jamur Reishi atau Lingzhi. Kopi ini pun sudah dimanfaatkan sejak 2000 tahun silam dalam berbagai pengobatan terapeutik, misalnya untuk meningkatkan energi hingga mendukung fungsi organ dalam tubuh Anda.

Apa saja sih manfaat Ganoderma coffee ini sampai Anda harus mencobanya? Yuk, simak terus artikel berikut ini!

Manfaat Ganoderma coffee untuk kesehatan tubuh

ganoderma-coffee-manfaat-dan-efek-sampingnya-lingzhi-japan-bubuk-reishi

Para pendukung minuman bubuk ini mengklaim bahwa Ganoderma bermanfaat untuk [1]:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Membantu melawan kelelahan.
  • Meningkatkan daya ingat.
  • Meningkatkan stamina.
  • Menurunkan kolesterol.
  • Mengurangi peradangan.
  • Menghilangkan stres.
  • Melawan anti-aging.

Sayangnya, meskipun ada beberapa penelitian ilmiah yang mendukung manfaat kesehatan dari jamur Reishi, manfaat Ganoderma coffee sendiri belum pernah dipelajari secara khusus.

Adapun menurut penelitian:

  • Ganoderma lucidum dapat digunakan bersama pengobatan konvensional, karena membantu meningkatkan respons tumor dan merangsang kekebalan sel inang. Selain itu, juga dapat meningkatkan stamina (energi) dan mengurangi kelelahan [2, 3, 4].
  • Minum kopi dalam jumlah sedang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk diabetes, penyakit Parkinson, dan penyakit jantung [5, 6].

Berdasarkan penjelasan di atas, beberapa kemungkinan manfaat Ganoderma coffee yang dapat Anda peroleh di antaranya:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ramuan Ganoderma sudah terbukti khasiatnya sejak ribuan tahun yang lalu, terutama dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jamur Reishi dapat meningkatkan kadar CD8 di dalam tubuh yang berperan penting dalam membunuh sel kanker [2]. Sementara kopi dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan dalam tubuh [6].

2. Mengurangi infeksi virus

Ganoderma coffee mengandung antioksidan yang sangat kuat, sehingga dapat menurunkan risiko terkena infeksi virus, seperti flu, herpes, flu babi, dan lainnya [4].

3. Mencegah kanker

Selain menjaga tubuh Anda tetap sehat, kandungan antioksidan di dalam kopi ini juga membantu melawan berbagai jenis kanker dan meningkatkan kesehatan jantung Anda [6].

Minum kopi ini juga telah terbukti mengurangi efek samping dari kemoterapi pada pasien kanker, yang pada gilirannya mempercepat proses pemulihan dan meningkatkan kualitas hidup pasien [2].

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Ada beberapa penelitian tentang bagaimana Ganoderma memengaruhi kesehatan jantung. Studi tersebut mengungkapkan bahwa jamur ini dapat meningkatkan kadar kolesterol-HDL (baik), serta menurunkan trigliserida [2].

Hal ini juga berkaitan dengan besarnya aktivitas antioksidan yang ditemukan dalam jamur dan kopi [6].

5. Mengurangi stres dan melawan depresi

Baik jamur Reishi dan kopi sama-sama dapat membantu mengurangi stres, melawan kecemasan, dan depresi. Tidak heran, jika Anda minum Ganoderma coffee, Anda akan merasakan hal yang sama, bahkan bisa lebih besar efeknya.

6. Meningkatkan tingkat energi

Ramuan Ganoderma juga dapat membantu proses detoksifikasi tubuh, yaitu menghilangkan racun dari tubuh dan meningkatkan suasana hati Anda.

Anda pun merasa jauh lebih segar setelah semua racun dikeluarkan dari tubuh Anda.

Amankah mengonsumsinya?

Karena kandungan kafeinnya yang rendah, Ganoderma coffee jarang menyebabkan insomnia. Bahkan, telah terbukti meningkatkan kualitas tidur dan menghilangkan kecemasan.

Kadar kafein dalam kopi ini diduga sekitar setengah dari kafein dalam secangkir kopi biasa.

Selain itu, kopi jamur Reishi memiliki rasa yang tidak terlalu asam daripada kopi biasa, sehingga cocok untuk Anda yang memiliki masalah pencernaan, seperti maag atau IBS [7].

Potensi efek samping Ganoderma coffee

Meski cenderung aman, Ganoderma mungkin dapat menimbulkan sejumlah efek samping pada beberapa orang, termasuk [2, 8]:

  • Mual.
  • Pusing.
  • Sakit perut.
  • Iritasi kulit.
  • Insomnia.

Inilah mengapa Anda perlu berkonsultasi dulu dengan dokter Anda sebelum mencoba kopi jamur Reishi. Terlebih jika Anda sedang menggunakan obat tekanan darah, antiplatelet, antikoagulan, atau menjalani kemoterapi.

Efek samping Ganoderma coffee juga mungkin berasal dari asupan kafein yang terlalu banyak, sehingga dapat mempercepat detak jantung, mengganggu tidur, menyebabkan masalah pencernaan, dan kecemasan [5].

Di sisi lain, Anda juga perlu teliti sebelum membeli produknya.

Karena suplemen herbal dan diet tidak diatur seperti obat resep, dalam beberapa kasus, produsen tidak mencantumkan bahan-bahan tambahan lain pada label kemasannya. Padahal, bahan tersebut bisa saja menimbulkan efek berbahaya untuk kesehatan Anda.

Jika Anda memilih untuk menggunakan suplemen, pastikan produknya dijamin oleh pihak ketiga yang menyediakan pengujian kualitas, seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Adanya persetujuan dari pihak ketiga ini dapat menjamin bahwa produk diproduksi dengan cara yang benar, mengandung bahan yang sesuai dengan label kemasan, serta tidak mengandung tingkat kontaminan yang berbahaya.

Nah, setelah tahu banyak tentang Ganoderma coffee, tertarikkah Anda mencobanya?

Original featured image by azerbaijan_stockers – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *