Categories
Gaya Hidup Kelelahan

Susah Tidur? Coba 5 Minuman Sehat Ini, Yuk!

Tenang, ada solusi efektif untuk Anda yang mengalami susah tidur. Berikut 5 minuman sehat yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Paling kesal rasanya kalau insomnia sudah menyerang, apalagi besok tubuh harus siap beraktivitas kembali. Tenang, ada solusi efektif bagi Anda yang mengalami susah tidur. Yaps, tidak ada salahnya jika Anda mencoba 5 minuman sehat ini untuk membantu tidur lebih nyenyak.

Bahkan, Anda juga bisa memperoleh manfaat kesehatan lainnya yang juga tidak kalah penting. Nah, apa saja sih 5 minuman sehat tersebut? Ini dia!

5 Minuman sehat bantu atasi susah tidur

Berikut 5 minuman sehat yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

1. Teh chamomile

Sebagian dari Anda mungkin tidak asing lagi dengan jenis teh yang satu ini. Teh chamomile adalah teh yang dibuat dengan cara memasukkan bunga chamomile ke dalam air panas.

Teh chamomile sudah dikenal sejak lama dapat mengatasi susah tidur (insomnia), karena memberikan efek menenangkan [1]. Plus, teh ini bebas kafein, sehingga cocok untuk orang-orang yang sensitif kafein [2].

Hal ini juga telah dibuktikan oleh para ahli bahwa efeknya tersebut berasal dari kandungan flavonoidnya, terutama apigenin. Ini adalah kelompok flavonoid yang dapat mengikat reseptor benzodiazepine di otak, yang memiliki efek sedatif [1].

Manfaat kesehatan lainnya juga termasuk meredakan gejala pilek, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Cara membuatnya

  • Tambahkan 4 sendok makan bunga chamomile segar atau 2 sendok makan bunga chamomile kering ke dalam 1 cangkir (237 ml) air panas.
  • Rendam bunga chamomile selama sekitar 5 menit, lalu saring.
  • Teh chamomile siap diminum.

Teh ini aman diminum setiap hari. Konsumsi bunga chamomile dalam bentuk teh atau suplemen lainnya belum dikaitkan dengan efek samping negatif.

2. Jus ceri

Jus ceri adalah salah satu minuman sehat yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Berbagai studi terkait ini menemukan bahwa campuran jus ceri asam dapat meningkatkan kualitas tidur secara signifikan [3, 4].

Hal ini diduga karena ceri meningkatkan ketersediaan triptofan di dalam tubuh. Triptofan adalah asam amino yang berperan sebagai prekursor hormon melatonin – hormon yang membantu mengatur aktivitas tidur Anda.

Tips mengonsumsinya

Menurut penelitian, minum 2 cangkir (480 ml) jus ceri setiap hari selama 2 minggu dapat meningkatkan total waktu tidur Anda sebesar 84 menit dan membantu mengobati gejala insomnia pada orang dewasa berusia 50 tahun ke atas [5].

Plus, minum 2 cangkir (480 ml) per hari juga belum dikaitkan dengan efek samping apa pun [6].

3. Teh peppermint

Umumnya, daun peppermint terkenal dengan kegunaan kulinernya. Namun, daun ini juga dapat dijadikan sebagai minuman sehat untuk membuat Anda tidur nyenyak di malam hari.

Teh peppermint diyakini memiliki sifat antivirus, antimikroba, bahkan anti-alergi. Selain itu, juga dapat membantu meredakan sakit perut di malam hari yang mungkin membuat Anda susah tidur.

Meski begitu, perlu lebih banyak uji klinis terkait peran teh peppermint terhadap tidur secara langsung [7].

Cara membuatnya

  • Rebus 2 gelas (480 ml) air dan tambahkan segenggam daun peppermint ke dalamnya. Anda dapat menyesuaikan jumlah daunnya sesuai selera Anda.
  • Biarkan daun di dalam air panas setidaknya selama 5 menit, kemudian saring.
  • Teh peppermint siap diminum.

Teh peppermint umumnya aman, tetapi dapat berinteraksi dengan tekanan darah tertentu, masalah pencernaan, dan obat diabetes [8, 9]. Jadi, jika Anda sedang mengonsumsi obat apa pun, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter Anda sebelum minum teh ini.

4. Susu hangat

Sebagian dari Anda mungkin sudah sering minum susu hangat untuk membantu cepat tidur di malam hari.

Ini karena susu mengandung asam amino triptofan yang dapat meningkatkan serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter untuk perasaan bahagia dan sejahtera, sekaligus prekursor hormon pengatur tidur (melatonin).

Dengan meningkatnya kadar melatonin, dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu mengatasi berbagai masalah tidur Anda, termasuk jet lag dan susah tidur [10, 11].

Tips mengonsumsinya

Jika Anda ingin mencoba minum susu hangat sebelum tidur, cukup pilih susu favorit Anda dan didihkan di atas kompor dengan api kecil selama beberapa menit.

Ingat, pastikan Anda tidak memiliki alergi susu atau laktos intoleran, ya!

5. Susu Almond

Minuman sehat selanjutnya yang dapat membantu mengatasi susah tidur adalah susu almond. Seperti namanya, susu ini jelas terbuat dari kacang almond yang tinggi serat, vitamin, dan mineral.

Studi menunjukkan bahwa kacang almond utuh dapat meningkatkan kualitas tidur. Masyarakat Iran telah menggunakan minyak violet yang terbuat dari almond atau biji wijen selama bertahun-tahun sebagai pengobatan insomnia [12].

Susu almond kaya akan hormon dan mineral yang dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, termasuk triptofan, melatonin, dan magnesium [13, 14]. Dalam 1 cangkir (237 ml) susu almond mengandung hampir 17 mg magnesium [15].

Cara membuatnya

  • Rendam kacang almond semalaman.
  • Blender kacang almond yang sudah direndam semalaman dengan air. Biasanya, perbandingan kacang almond dan air 1:3, atau bisa lebih sedikit airnya jika ingin susu yang kental.
  • Saring dan peras susu almond ke dalam cangkir.
  • Anda bisa menambahkan sedikit garam dan gula untuk menambahkan rasa gurih dan manis.
  • Susu almond siap dinikmati.

Karena terbuat dari kacang yang dapat menjadi alergen bagi sebagian orang, susu almond tidak boleh diminum jika Anda alergi kacang.

Inilah 5 minuman sehat yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Aneka minuman ini tentunya bebas kafein yang merupakan penyebab utama seseorang susah tidur. Jadi, hindari minum minuman berkafein, seperti teh dan kopi sebelum tidur, ya!

Original featured image by yanalya – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *